Langsung ke konten utama

Pemanfaatan Senyawa Kimia Bahan Alam dalam Kehidupan Sehari-hari


Jika menyebut kata Kimia, maka kebanyakan orang akan terfikir dengan bom, nuklir, racun, dan semacamnya yang berbahaya. Banyak orang yang masih beranggapan bahwa bahan kimia hanya berhubungan dengan senyawa-senyawa beracun yang membahayakan, mudah terbakar, mudah meledak, dan menimbulkan efek radiasi. Padahal bahan kimia sangat banyak berkaitan dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Tidak ada aktivitas manusia yang tidak lepas dengan yang namanya senyawa kimia. Seperti contoh sederhananya saja bernafas, kita menghirup Oksigen dan mengeluarkan Karbondioksida dalam bernafas. Senyawa Oksigen (O2) dan Karbondioksida (CO2) merupakan sedikit contoh dari senyawa kimia yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Senyawa kimia banyak kita temui bebas di alam. Sebuah cabang ilmu yang mempelajari keberadaan senyawa-senyawa kimia di alam ini disebut dengan Kimia Bahan Alam. Di alam selain terdapat hewan, ada juga berbagai macam tumbuhan yang dimanfaatkan oleh manusia untuk kelangsungan hidup. Aktivitas manusia tidak lepas kaitannya dengan tumbuhan. Hubungan manusia dengan tumbuhan ini yang disebut dengan Etnobotani. Dalam tumbuhan, terkandung metabolit sekunder yang merupakan bahan kimia seperti flavonoid, alkaloid, dan lain sebagainya.

Tumbuh-tumbuhan yang dimanfaatkan oleh manusia salah satunya seperti lemon. Lemon adalah buah yang memiliki rasa asam yang menyegarkan yang biasa digunakan untuk penambah rasa dalam masakan. Jadi, sudah tidak heran lagi jika kita menemukan lemon di dapur rumah kita. Selain untuk penyedap rasa, lemon juga bisa digunakan untuk kesehatan kulit, misalnya untuk menerahkan kulit, menghaluskan telapak kaki, mengurangi peradangan jerawat, mengecilkan pori-pori pada wajah, dan lain sebagainya. Selain itu juga lemon bermanfaat untuk meredakan batuk, yaitu dengan meminum campuran lemon dengan kecap. Kemudian juga manfaat lainnya dari lemon yaitu mencegah tumor dan kanker, menyehatkan mulut, mengatasi sakit tenggorokan, dan masih banyak lagi.
Didalam lemon, terkandung senyawa-senyawa kimia penyusunnya yaitu pektin,  kemudian minyak atsiri 70%, lemonene (berfungsi sebagai antioksidan, anti kanker yang membantu mengobati baju ginjal serta empedu), alpha-terpinene, aplha-pinene, beta-pinene, citral, felandre, koumarins, bioflavonoids (untuk antioksidan, dan juga memperkuat lapisan dalam pembuluh darah) geraniol asetat, asam sitrat, linalil asetat, dan zat gizi, yaitu vitamin A, B1, B2, C (50mg/100gr buah), kalsium, fosfor, besi, serat, protein, karbohidrat, dan terakhir lemak.

Contoh lainnya dari kimia bahan alam yang bermanfaat bagi manusia yaitu jenis bunga-bunga'an seperti bunga melati yang dapat digunakan untuk membuat prafum atau pewangi pakaian. Bunga melati mengandung indole, linalcohol, asetat benzil, jasmon, livalylacetat, serta minyak eteris yang merupakan penimbul bau dari bunga melati. Selain untuk wangi-wangian, bunga melati juga mempunyai banyak manfaat lainnya yaitu  sebagai aromaterapis, nyeri otot, nyeri sendi dan sakit kepala, serta dalam kecantikan yaitu dengan dihaluskan kemudian di tempelkan ke wajah untuk mengobati jerawat.

Kemudian, senyawa kimia bahan alam juga dapat ditemukan dalam bentuk rempah-rempah yaitu salah satunya lengkuas atau dikenal juga dengan sebutan laos. Lengkuas biasa digunakan untuk penyedap rasa dalam makanan dan juga obat-obatan seperti obat rematik, obat penambah darah, untuk kembung, diare, dan lainnya. Dalam lengkuas terkandung minyak atsiri yang berwarna kuning kehijauan yaitu terdiri dari metil-sinamat, sineol, eugenol, kamfer, seskuiterpen, dan lain sebagainya. Selain itu, terkandung juga resin atau galangol yang memiliki warna kuning. Setelah dilakukan penelitian leih jauh, ternyata di dalam lengkuas atau laos juga terkandung enzim xanthin oksidase  yang berfungsi sebagai anti-tumor. Lengkuas juga berguna sebagai anti-radang dan anti-tumor karena mengandung aksetoksichavikol asetat dan asetoksieugenol asetat.


Selanjutnya yaitu tanaman jagung. pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan ini. jagung sendiri memiliki kandungan kimia yaitu air, kalori, protein, lemak, karbohidrat, dan kalsium. Kemudian jagung juga mengandung gula, serat, lemak, vitamin A, volat, vitamin C, besi, magnesium, dan juga potasium. Selain buahnya, batang dan daun jagung juga dapat bermanfaat, yaitu diantaranya untuk batang dan daun yang masih muda bisa digunakan untuk makanan hewan ternak, kemudian batang dan daun tua bisa digunakan untuk pupuk dan kompos, kemudian batang dan daun yang sudah kering bisa dimanfaatkan untuk kayu bakar. Nah, mungkin masih banyak yang belum mengetahui bahwa batang daun bisa digunakan untuk membuat kertas. Kemudian, buah jagung biasa dimanfaatkan untuk sayuran, dibuat pergedel, gorengan, dan lain sebagainya. Selain untuk makanan, jagung ternyata juga bisa untuk mengatasi berbagai macam penyakit, diantaranya diabetes, melancarkan buang air kecil, menurunkan darah tinggi, menghilangkan bekas cacar, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa contoh dari pemanfaatan senyawa organik bahan alam dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan  paparan tersebut, berikut permasalahan yang dapat diselesaikan :
1. Mengapa lemon dapat digunakan dalam bidang kecantikan?
2. Mengapa bunga melati menimbulkan aroma yang wangi?
3. Bagaimana mengonsumsi lengkuas untuk obat diare?

Komentar

  1. Assalamualaikum warahamatuhi wabarakatuh
    Saya Indah dengan nim RSA1C117005 dari kelas REGULER MANDIRI
    Saya akan mencoba menyelesaikan permasalahan anda no.2
    Bunga melati menimbulkan aroma wangi karena bunga melati mengandung minyak atsiri, dimana aroma wangi tersebut berasal dari minyak atsiri.
    Semoga membantu
    Terimakasih

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Saya Ditya Fajar Nursahfitri (A1C117061, Reguler A) mencoba menjawab permasalahan 3, yaitu Untuk obat diare, lengkuas bisa dikonsumsi dengan cara memarut lengkuas kemudian ditambahkan dengan stengh gelas air hangat, dan ditambahkan madu, kemudian di aduk dan setepah itu diperas. Ampasnya dibuang kemudian air perasan dapat diminum.

    BalasHapus
  3. Hallo novela, perkenalkan nama saya
    Nama: Alfu Laila Ariyanti
    Nim: A1C117022
    Klas: Reguler B
    Disini saya akan mencoba membantu permasalahan saudari novelaa dimana pertanyaannya Mengapa lemon dapat digunakan dalam bidang kecantikan?
    Penjelasannya :
    Karena berdasarkan yang telah dijelaskan mengenai kandungan lemon, lemon memiliki kandungan vitamin C, dan vitamin B yang kita ketahui bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit

    Semoga membantu, Terimakasih 

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biosintesis Metabolit Primer dan Sekunder

Pada organisme hidup, terjadi proses perubahan dari molekul yang sederhana menjadi molekul yang kompleks dengan melalui proses metabolisme dengan produk hasilnya merupakan suatu metabolit, proses yang terjadi ini disebut dengan Biosintesis. Proses biosintesis ini terjadi di organel sel tunggal dan juga di organel sel ganda dimana prosesnya dibantu oleh kerja enzim. Reaksi yang terjadi di dalam organisme hidup ini baik reaksi sederhana sampai di tingkat sel, itulah yang dinamakan dengan Metabolisme . Secara sederhananya, metabolisme adalah proses yang berlangsung dalam tubuh untuk mendapatkan energi. Ketika makanan masuk melalui mulut dan masuk ke saluran pencernaan, maka zat gizi yang terkandung dalam makanan yang kita konsumsi akan diubah menjadi energi untuk melakukan aktivitas tubuh. Proses metabolisme ini kemudian untuk bahan dasar dalam menyusun lipid, asam nukleat, dan jenis karbohidrat lain. Metabolisme pada tanaman dibagi menjadi 2, yaitu metabolisme primer dan metabolisme

Keragaman dan Keunikan Struktur Terpenoid

Sebelumnya kita telah membahas mengenai metabolisme primer dan juga sekunder. Dimana tumbuhan tersebut mengalami metabolisme dan kemudian dijadikan sebagai obat-obat tradisional. Dari berbagai jenis tanaman ini banyak mengandung Alkaloid, Terpenoid, Steroid, Flavonoid, dan Safonin. Terpenoid merupakan hasil metabolisme sekunder yaitu turunan dari isopren dan di dapatkan dari hasil penyulingan minyak atsiri. Terpenoid tersusun dari atom karbon dan hidrogen. Jadi, minyak atsiri yang merupakan jenis bunga, mulanya ditemukan melalui perbandingan atom karbon dan hidrogen dengan perbandingan 8 : 5, maka disimpulkanlah bahwa minyak atsiri merupakan golongan terpenoid. Terpenoid merupakan penghasil obat terbesar bila dibandingkan dengan alkaloid, terpenoid dan lainnya. Kaidah dasar enentuan struktur Terpenoid di dapat dari susunan kepala-ke-ekor yaitu susunan isopren. Terpenoid mempunyai turunan yaitu Taksodon dan Vernomenin yang pada manusia bermanfaat sebagai pencegah berkembangnya tu

Jurnal Percobaan - 05 Reaksi-Reaksi Aldehida dan Keton

JURNAL PRAKTIKUM KIMIA ORGANIK I Penyusun Novela Melinda (A1C117007) Dosen Pengampu Dr. Drs. Syamsurizal, M.Si PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JAMBI 2019 PERCOBAAAN - 05 I. Judul : Reaksi Reaksi Aldehida dan Keton II. Hari / Tanggal : Sabtu / 23 Maret 2019 III. Tujuan : Adapun tujuan dilakukannya percobaan ini adalah : 1. Untuk memahami asas - asas reaksi senyawa karbonil. 2. Untuk memahami perbedaan reaksi antara aldehida dan Keton. 3. Untuk menjelaskan jenis jenis pengujian kimia sederhana yang dapat membedakan aldehid dan Keton. IV. Landasan Teori Gugus karbonil dimilki oleh aldehida dan keton yaitu C=O. Sifat reaksi umum dari aldehida dan keton ini sama dengan sifat dari gugus karbonil, seperti dalam suatu pereaksi yang sama, jika aldehida dan keton direaksikan dalam pereaksi tersebut maka a